Setelah mengetahui bagaimana pengertian iklan, slogan, dan poster, yang perlu dipelajari selanjutnya adalah unsur-unsur pembentuk iklan. Dengan mengetahui unsur-unsur pembetuk iklan, maka kita akan tahu apakah iklan tersebut memiliki kualitas yang baik atau tidak. Selain itu, unsur-unsur pembentuk iklan juga berguna untuk dapat memahami iklan secara lebih mendalam. Berikut ini adalah unsur-unsur pembentuk iklan.
- Sumber, adalah pemasang iklan atau yang berinisiatif memasang iklan atau penyandang dana dari pemasangan suatu iklan.
- Pesan, adalah informasi yang disampaikan. Wujudnya bisa berupa verbal maupun nonverbal.
- Media, adalah sarana yang digunakan untuk memasang atau menyampaikan iklan. Dapat berupa media elektronik, cetak, dan sarana-sarana lainnya.
- Penerima, adalah objek yang menerima atau menjadi sasaran iklan tersebut.
- Efek, adalah perubahan yang terjadi pada penerima, baik itu dari aspek pola sikap, pola pikir, perilaku, kebiasaan, dan pola hidup.
- Umpan balik, adalah tanggapan, reaksi atau respons yang dikehendaki dari penerima pesan. Misalnya iklan layanan masyarakat tentang menjauhi narkoba, respons yang diharapkan adalah penerima pesan mau menjauhi dan tidak menggunakan naroba. Contoh lain adalah iklan produk yang mengharapkan produk tersebut akan dibeli oleh penerima iklan setelah mengetahui produk yang diiklankan.
Penyimpulan Maksud Suatu Iklan
Pola penyajian iklan sangatlah beragam. Berikut ini adalah klasifikasi periklanan.
- Iklan strategis, adalah iklan yang digunakan untuk membangun merk atau citra positif suatu perusahaan.
- Iklan taktis, adalah iklan yang dirancang untuk mendorong konsumen untuk segera merespons merek tertentu. Pada umumnya, iklan jenis ini hanya memberi penawaran khusus dalam jangka pendek.
Selain itu, iklan memiliki fungsi sebagai berikut.
- Fungsi Informasional, adalah memberitahukan kepada konsumen tentang karakteristik dan manfaat produk yang akan diporleh.
- Fungsi Transformasional, adalah iklan yang berusaha mengubah sikap-sikap yang dimiliki oleh konsumen terhadap merek, pola-pola belanja, gaya hidup, dan lain sebagainya.
0 Comments:
Posting Komentar