Apa itu Cerita Pendek? Mari Mengidentifikasi Cerita Pendek

Cerpen merupakan salah satu bagian dari teks naratif (bersifat menceritakan). Cerpen dapat diartikan sebagai cerita pendek yang bersifat fiktif yang isinya menceritakan tokoh-tokoh beserta konflik yang dialami serta disajikan dalam bentuk yang padat dan ringkas.

Dalam dunia sastra, cerpen memiliki tujuan untuk menghibur pembaca. Cerita pendek bermula pada tradisi penceritaan lisan yang menghasilkan kisah-kisah terkenal seperti Iliad dan Odyssey karya Homer. Kisah-kisah tersebut disampaikan dalam bentuk puisi yang berirama. Adapun irama tersebut berfungsi sebagai alat untuk menolong orang untuk mengingat ceritanya. Bagian-bagian singkat dari kisah-kisah ini dipusatkan pada naratif-naratif individu yang dapat disampaikan pada satu kesempatan pendek. Keseluruhan kisahnya baru terlihat apabila keseluruhan bagian cerita tersebut telah disampaikan.

Cerita pendek cenderung tidak kompleks dibandingkan dengan novel. Cerpen biasanya memusatkan pada satu kejadian, satu plot, tokoh yang terbatas, dan mencakup jangka waktu yang singkat. Agar dapat lebih memahami apa itu cerpen, perhatikan ciri-ciri cerpen sebagai berikut ini.

  1. Terdiri atas 1600 sampai 10.000 kata yang dapat dibaca dalam waktu yang cukup singkat.
  2. Biasanya berfokus pada satu tema.
  3. Diksi yang digunakan mudah dipahami.
Itulah pengertian, tujuan dan ciri-ciri cerpen. 

0 Comments:

Posting Komentar