Bagaimana Cara Menyimpulkan Isi Teks Eksposisi? Simak Penjelasan Berikut Ini!

Seperti yang telah diketahui, teks eksposisi merupakan teks memiliki rangkaian gagasan-gagasan yang disertai dengan fakta. Pada umumnya rangkaian tersebut berada pada bagian tesis dan penegasan ulang. Rangkaian gagasan dalam teks eksposisi ada yang berupa gagasan umum dan gagasan khusus.

Gagasan umum atau biasa dikenal dengan gagasan utama atau ide pokok merupakan gagasan yang menjadi dasar seseorang mengembangkan suatu paragraf. Gagasan umum dapat ditemukan apabila kita sudah membaca keseluruhan teks. Cara lain yang dapat digunakan untuk menemukan gagasan utama adalah dengan mencarinya di awal atau akhir paragraf, tergantung jenis paragrafnya.

Gagasan umum biasanya akan diikuti dengan gagasan penjelas. Gagasan penjelas atau gagasan pendukung dikembangkan dari gagasan umum. Oleh karena itu, perhatikan paragraf di bawah ini untuk memahami apa itu gagasan umum dan gagasan penjelas.

Kebiasaan Masyarakat dalam membuang sampah sembarangan merupakan penyebab dari rusaknya jalan dan banjir. Secarik kertas dibuang oleh seorang pelajaran, sebuah kantong plastik dilempar oleh seorang ibu sepulang dari pasar, dan selembar bungkus rokok dihempaskan oleh seorang bapak, kemudian sampah tersebut berkolaborasi menbjadi satu dengan ribuan sampah lainnya. Sampah-sampah itu bergabung dari berbagai tempat; memacetkan saluran-saluran air; meluap, dan banjir.

Cuplikan paragraf di atas memiliki gagasan umum dan gagasan khusus yang dapat dilihat dalam kolom berikut.

Gagasan Umum

Gagasan Penjelas

Kebiasaan Masyarakat dalam membuang sampah sembarangan merupakan penyebab dari rusaknya jalan dan banjir.

·   Secarik kertas dibuang oleh seorang pelajaran, sebuah kantong plastik dilempar oleh seorang ibu sepulang dari pasar, dan selembar bungkus rokok dihempaskan oleh seorang bapak, kemudian sampah tersebut berkolaborasi menbjadi satu dengan ribuan sampah lainnya.

·   Sampah-sampah itu bergabung dari berbagai tempat; memacetkan saluran-saluran air; meluap, dan banjir.

Lalu, bagaimana cara menyimpulkan isi teks eksposisi? Yakni dengan cara menemukan gagasan umum dari paragraf yang akan disimpulkan, maka kita dapat mengetahui kesimpulan dari paragraf tersebut.

Untuk mengetahui lebih jauh lagi tentang jenis-jenis paragraf berdasarkan letak gagasan umumnya, simak penjelasan berikut ini.

Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif adalah paragraf yang letak gagasan umumnya ada di awal paragraf. Letak gagasan umum dalam paragraf terdapat pada kalimat pertama.

Paragraf Induktif

Paragraf  induktif adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak di akhir paragraf atau di kalimat terakhir pada paragraf tersebut.

Paragraf Campuran

Paragraf campuran adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak pada kalimat pertama dan kalimat terakhir. Dalam paragraf ini terdapat dua kalimat utama. Kalimat terakhir paragraf ini merupakan penegasan dari pernyataan yang dikemukakan pada kalimat pertama.

0 Comments:

Posting Komentar